Info Penyakit Kuning

Written by Unknown on Sabtu, 12 Januari 2013 at 17.34


Hepatitis terjadi karena adanya peradangan di jaringan hati. Secara awam, hepatitis dikenal dengan nama penyakit liver atau penyakit kuning. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit kuning disebabkan oleh peradangan hati dan tidak semua peradangan hati menyebabkan penyakit kuning.
Hati merupakan organ terbesar dalam tubuh, beratnya pada orang dewasa mencapai 1.200-1.600 gram. Hati adalah organ yang sangat penting untuk mempertahankan hidup, karena menjadi pusat metabolisme tubuh.
Hati yang kapasitas cadangannya sangat besar memiliki fungsi sangat banyak dan kompleks yaitu sebagai berikut :
1. Fungsi produksi dan ekskersi empedu. Dalam hal ini, fungsi hati sangat sentral untuk pencernaan dan penyerapan lemak.
2. Fungsi metabolik. Hati memegang peranan penting dalam proses metabolisme bahan-bahan makanan, antara lain karbohidrat, protein, lemak, serta metabolisme beberapa vitamin dan mineral.
3.Fungsi pertahanan tubuh. Hati berfungsi sebagai detoksifikasi, yakni bisa mengubah zat-zat racun, baik dari luar maupun dari dalam tubuh menjadi zat yang secara fisiologis tidak aktif. Selain itu, hati berfungsi sebagai pelindung. Sel kupffer dalam hati dengan cara fatositosis, mampu membersihkan kuman-kuman yang masuk ke dalam hati supaya tidak menyebar.
4. Fungsi vaskular. Hati berfungsi untuk menampung dan mengalirkan darah dengan volume 1,3-1,5 liter per hari.
Sakit kuning umumnya dipicu oleh gangguan di dalam pencernaan. Tanda atau gejala dari sakit kuning cukup mudah dikenali. Di Indonesia memang belum ada data yang pasti berapa banyak penderita sakit kuning. Namun disinyalir jumlah penderitanya cukup banyak.

0 Responses to "Info Penyakit Kuning"

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.