Sekilas Tukak lambung

Written by Unknown on Sabtu, 26 Januari 2013 at 21.33


Tukak lambung adalah jenis sakit lambung yang lebih berat dari gastritis, dimana sudah terjadi tukak atau luka pada lambung. Ada semacam lubang (erosi) pada beberapa bagian dari saluran cerna. Jenis yang paling umum adalah tukak duodenum, yaitu yang terjadi pada usus duodenum, kira-kira 12 inci setelah lambung. Tukak yang terjadi pada lambung itu sendiri disebut tukak gastrik atau tukak peptik (gastric ulcer).
Untuk menentukan kepastian ada tidaknya infeksi kuman penyebab tukak lambung H. Pylori, dilakukan beberapa pemeriksaan, diantaranya adalah pemeriksaan darah, dari pemeriksaan ini analisa contoh darah dapat menentukan bukti adanya kuman H. Pylori. Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan pemeriksaan jarum melalui jari. Setelah melakukan pemeriksaan selanjutnya adalah pengobatan tukak lambung sesuai dengan penyebabnya.
Pemeriksaan tinja dirasa perlu dilakukan untuk mengetahui adanya antogen pada tinja yang disebabkan oleh protein asing yang dihasilkan oleh kuman H. Pylori. Cara lain untuk menentukan penyakit infeksi adalah dengan pemeriksaan menggunakan endoskopi. Dokter memasukkan semacam tube yang ujungnya terdapat kamera, hingga ke dalam saluran cerna. Pemeriksaan ini dapat mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi di dalam lambung, selanjutnya dapat diambil contoh jaringan lambung yang diduga mengandung H. Pylori, pemeriksaan ini cukup akurat dengan mengetahui ada tidaknya infeksi.

0 Responses to "Sekilas Tukak lambung "

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.