Mencegah asam lambung

Written by Unknown on Sabtu, 26 Januari 2013 at 21.53



Mencegah asam lambung dilakukan untuk menghindari penyakit asam lambung, atau sering disebut juga dengan penyakit maag. Penyakit asam lambung itu sendiri adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam lambung didalam lambung yang menyebabkan iritasi atau luka di selaput lendir lambung.
Kondisi peningkatan level asam lambung memang sangat mengganggu. Hal ini terjadi ketika pengeluaran (sekresi) asam berlebihan dalam kelenjar lambung. Ketika sekresi terjadi lebih dari biasanya, dada akan terasa panas atau sering disebut heartburn. Konsumsi makanan pedas seringkali jadi pemicunya, selain itu membiarkan perut kosong dalam waktu lama pun menjadi pemicu utama terjadinya penyakit asam lambung.
Agar Anda tak tersiksa penyakit asam lambung, ketahui cara mudah mencegah asam lambung, diantaranya adalah:
  • Hindari soda dan kafein
Untuk sementara, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda dan kafein. Keduanya memicu produksi asam lambung. Minum saja teh herbal atau susu hangat sebagai gantinya.
  • Air hangat
Perbanyak konsumsi air hangat. Minumlah segelas air hangat setiap pagi setelah bangun tidur.
  • Konsumsi buah
Beberapa buah-buahn dapat mencegah asam lambung, diantaralah adalah pisang, semangka, dan mentimun. Sebaiknya membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut setiap hari.
  • Waktu makan sebelum tidur
Sebaiknya Anda makan dua atau tiga jam sebelum tidur. Ini untuk mengurangi risiko sekresi asam lambung berlebihan. Selain mencegah asam lambung, makan sebelum tidur bisa juga mengakibatkan kegemukan jika dilakukan terlalu sering.
  • Jangan menunda makan
Jarak yang lama antara waktu makan juga pemicu asam lambung. Sebaiknya jangan menunda makan. Lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tetapi lebih sering daripada jarak waktu makan sangat lama.
  • Permen karet
Cobalah mengunyah permen karet untuk merangsang produksi saliva (air liur). Saliva membantu perpindahan makanan melalui saluran esophagus dan bisa meredakan heartburn.

0 Responses to "Mencegah asam lambung "

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.