Buah Manggis

Written by Unknown on Minggu, 20 Januari 2013 at 00.20


BUAH MANGGIS



Manggis Merupakan salah satu buah asli Indonesia yang telah ada sejak dahulu. Sentra Produksi manggis di berbagai wilayah Indonesia , dari Aceh hingga Sulawesi. Pohon manggis di Indonesia kebanyakan pohon liar yang tidak di budidayakan sebagai sebagai perkebunan dan berumur hingga lebih dari seratus tahun. Kondisi ini berpengaruh pada produktivitas yang fluktuatif. Meskipun demikian , total produksi manggis relative tinggi , yaitu rata rata 60.000 ton pertahun.

Masyarakat mengenal manggis sebagai salah satu buah musiman yang biasanya berbuah bersamaan dengan rambutan, durian dan buah-buahan yang lainnya. Akibatnay serapan pasar local terhadap buah manggis sangat terbatas dan harga manggis menjadi sangat murahsaat panen. Sejak tahun 1990-an buah manggis laku diekspor terutama di Negara asia , seperti Taiwan, hongkong dan singapura. Harganya pun lebih tinggi daripada harga pasar local. Negara pengimpor lainnya adalah arab dan cina. Hingga kini buah manggis tetap menjadi primadona ekspor buah segar Indonesia.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian di berbagai lembaga penelitian dan universitas dunia menguak rahasia yang tersimpan dalam kulit buah manggis. Didalam kulit manggis terdapat makro molekul xanthones yang merupakan gabungan dari 40 jenis molekul antioksidan. Berbagai penelitian juga mengungkap beberapa komponen xanthone dipastikan mempunyai fungsi aktif sebagai antikanker, anti bakteri, anti jamur dan anti virus.

Perubahan gaya hidup yang berslogan “Back to Nature for better life” di berbagai dunia termasuk di Indonesia membuat masyarakat mulai melirik pangan fungsiona, makanan suplemen, atau produk herbal sebagai salah satu bagian dari menu sehari hari. Kenyataan ini membuat eksplorasi besar besaran terhadap komoditas pertanian. Kini, di Indonesia telah hadir produk ekstrak manggis baik dalam bentuk kapsul atau minuman. Meskipun belum ada uji klinis, bukti empiris telah menunjukan kedahsyatan kulit manggis pada beberapa uji laboratorium di berbagai Negara.
Dr. Ir. Raffi paramawati, MSC

0 Responses to "Buah Manggis"

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.