Kilas Gamat

Written by Unknown on Jumat, 11 Januari 2013 at 15.39


Menurut hasil riset Perihal tentang teripang atau gamat sangatlah ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dibuktikan oleh Hsi-Hsien Liu. Periset National Chung-Hsing University, Taiwan, itu meneliti efek penurunan lemak alias hipolipidemik karena senyawa glikosaminoglikan. Senyawa itu terkandung dalam teripang Metriatyla scabra. Glikosaminoglikan alias GAGs teripang mengandung asam heksosamin dan heksuronat. Percobaan selanjutnya dilakukan terhadap tikus winstar berbobot 5 g, 10 g, 15 g, dan 20 g. Tikus-tikus itu diberi 1% kolesterol selama 6 pekan sehingga total kolesterol, LDL, dan bobot hati meningkat.
Kemudian tikus-tikus tersebut diberikan 20 mg glikosaminoglikan per kg bobot tubuh. Efeknya totalkolesterol, LDL dan indeks atherogenik turun; HDL meningkat. Selain itu GAGs terbukti mencegah peningkatan trigliserida, kolesterol dan fosfolipid dalam hati. Sterol yang terdapat didalam teripang juga dapat menurunkan kolesterol. Karena zat itu menghadang penyerapan kolesterol pada pembuluh darah manusia sebanyak 15%.

0 Responses to "Kilas Gamat"

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.