Penyebab Tulang Keropos

Written by Unknown on Rabu, 12 Desember 2012 at 01.25

PENYEBAB TULANG KEROPOS DAN PENYEMBUHANNYA

Patah tulang terjadi setelah masa haid berhenti, biasanya karena pengaruh penurunan hormone estrogen. Sampai usia dewasa puncakx sekitar umur 35 tahun. Penebalan tulang utamanya, tulang panjang mencapai puncaknya. Ini kalau selama proses tersebut tak ada gangguan produksi hormone estrogen. Kalau ada gangguan, perubahan tulang tak akan mencapai puncaknya. 
Setelah menopause, hormone estrogen menurun dengan cepat, sehingga dapat terjadi menurunnya perubahan tulang. Tulang menjadi keropos hingga mudah retak kalau kekerasan tumpul. Ada pula anggapan pencapaian puncak penebalan tulang berhubungan erat dengan factor keturunan. Dengan begitu ada orang yang lebih mudah mencapai penebalan tulang, tetapi ada juga yang tidak. Di sini peranan vitamin D, Kalsium, sangat jelas dalam proses pembentukan tulang. Dengan mengetahui hormom estrogen unsure vitamin D dan kadar kalsium dalam darah, dapat dilakukan pengobatan terhadap tulang yang keropos. 
Selai itu, perlu diketahui apakah ada penyakit tertentu yang diderita seseorang dengan tulang keropos. Kelainan pada kelenjar gondok dan kelenjar paratiroid yang berakibat aktivitas tinggi, perlu diketahui. Aktivitas berlebihan dari kedua kelenjar tersebut dapat mengakibatkan perubahan pada penebalan tulang. 
Pencegahan agar tidak terjadi tulang keropos, dengan memberikan zat kalsium cukup. Selanjutnya, diberi pula hormone estrogen yang dosisnya diatur, mula-mula rendah sampai pada batas yang dianggap cukup bagi penderita. Pemberian hormone ini harus hati-hati, sebab akibat sampingnya berbahaya, seperti terjadinya penyakit kanker payudara, serangan darah tinggi, penyakit jantung koroner. Adakalanya pemberian hormone dikombinasi dengan obat lain untuk meningkatkan daya guna obat itu. 

Pada keluarga yang cenderung mendapat kelainan tulang keropos, pencegahannya dengan berlatih secara teratur. Misalnya olahraga jalan kai, tidak merokok, latihan menguatkan otot-otot sebagai pelindung tulang. Usahkan menjauh diri dari gerakan yang beresiko jatuh. 
Bagi anda, sebaiknya ikuti nasehat dokter agar patah tulang cepat tersambung kembali. Bantuan pengobatan yang diberikan untuk memperbaiki ketebalan tulang , yaitu pemberian hormone, vitamin D dan kalsium,. Namun untuk itu, perlu diketahui keadaan kesehatan anda secara menyeluruh, hingga dilakukan pemeriksaan tulang dengan sinar X, juga pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui tingkat keroposan tulang anda. 
Pengobatan hanya berguna bila keadaan masih dapat diperbaiki. Pada batas usia tertentu, karena usia lanjut, secara keseluruhan tulang makin tipis lapisannya. Dengan demikian, pengobatan yang diberikan belum tentu member hasil maksimal. 

0 Responses to "Penyebab Tulang Keropos"

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.